Brosur

Penting Sebelum Cetak Brosur

Cetak Brosur merupakan salah satu strategi yang cukup efektif untuk melakukan promosi berbagai produk. Sebelum Anda melakukan pencetakan brosur untuk dijadikan sebagai media promosi Anda sebaiknya anda melakukan perencanaan dengan teliti dan hati-hati. Hal tersebut dikarenakan agar Anda tidak mengeluarkan biaya lebih dan hasil dapat lebih memuaskan. Nah,berikut langkah-langkah penting sebelum cetak brosur.

Lihat tujuan dan maksud

Pembuatan brosur pada suatu usaha tentu saja memiliki tujuan. Lalu, sebelum cetak brosur sebaiknya lihatlah apakah yang menjadi tujuan Anda. Dalam hal ini berarti Anda hanya menginformasikan, menjual, menginspirasi, menghibur customer atau memperbanyak calon pelanggan dan mengkonversikan terhadap penjualan produk Anda.
Apabila tujuan pada brosur sudah tertera maka akan terlihat jelas tujuan eksplisit Anda dalam membuat brosur. Dengan hal itu maka Anda bisa lebih mudah menurunkan tujuan tersebut ke dalam konsep desain hingga kualitas dan harga yang diinginkan. Cetak brosur tanpa tujuan yang jelas maka akan sia-sia yang akan berdampak pada audiens Anda.

Pahami Audiens Anda

Bagi para bebisnis, brosur sangat penting untuk memperlancar usahanya. Lalu bagaimana cara membuat brosur yang komunikatif dan informatif? Sebaiknya Anda pahami terlebih dahulu tentang target audiens Anda, apakah ingin menjangkau pelanggan atau orang-orang yang telah mengenal produk Anda atau bahkan yang belum mengenal produk Anda? Apakah audiensnya laki-laki atau perempuan? Lalu, apakah audiens Anda masih muda, atau sudah berumur? Apakah audiens sudah menikah? Apakah audiens sudah mempunyai anak? Anda bisa mengembangkan pertanyaan tersebut sesuai dengan kebutuhan usaha Anda.

Audiens Anda akan berpengaruh terhadap gaya desain brosur. Misalnya ketika audiens Anda laki-laki maka brosur yang Anda buat hendaklah yang maskulin atau yang lainnya.

Tampak Lebih Menarik

Biasanya, brosur dibaca oleh target dengan sangat cepat, bahkan beberapa orang hanya melihatnya kurang dari 3 detik saja. Apabila brosur tampak menarik maka akan disimpan ke dalam tas atau setidaknya dipegang hingga beberapa waktu. Namun, bagaimana dengan brosur yang kurang menarik? Anda tak usah berharap lebih, karena saat ini sajian yang menarikpun masih dipandang sebelah mata,

Idealnya ukuran untuk selebaran brosur memiliki ukuran 9.9 x 21 cm karena dengan ukuran tersebut, orang-orang akan lebih mudah memegang ataupun menyimpannya ke dalam tas kecil. Nah, untuk Anda yang menginginkan brosur yang sangat informatif dengan isi yang banyak, maka sesuaikan dengan ukuran kertas sehingga tidak terkesan terlalu memaksakan ruang pada kertas.

Selain itu Anda juga harus menentukan jenis bahan yang akan dipakai. Misalnya seperti kertas HVS, artpaper dengan ketebalannya yang beragam. Dengan hal itu, sebaiknya Anda sesuaikan dengan budgrt dan kebutuhan Anda sehingga cetak brosur dapat lebih efisiensi dan ekonomis.

Hitung jumlah yang Anda butuhkan

Perhitungan jumlah brosur yang akan dicetak harus sesuai dengan kebutuhan Anda sehingga target market dapat tercapai. Dengan perhitungan yang tepat maka akan mempermudah Anda dalam memperkirakan anggaran biaya. Apabila Anda menginginkan promosi prodek dengan jangka waktu singkat sebaiknya gunakan jumlah cetak brosur yang tidak berlebihan agar lebih efektif. Sebaliknya, untuk brosur yang jangka panjang, Anda bisa mencetaknya dengan jumlah yang lebih banya dalam satu kali cetak sehingga Anda dapat memperoleh biaya cetak yang lebih murah. Itulah langkah-langkah penting sebelum cetak brosur promosi yang mungkin bisa dijadikan referensi untuk Anda. Semoga bermanfaat.

Mau cetak brosur dengan kualitas terbaik dan harga yang terbaik, jangan ragukan kualitas mencetak brosur di www.sukaprint.com